SMK Negeri 1 Kaidipang Berkomitmen Siap Melaksanakan UNBK Tahun 2018

SmkNews – Boroko, Kepala SMK Negeri 1 Kaidipang, Udin Pamili, S.Pd dalam kesempatannya menegaskan tentang kepastian pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1 Kaidipang.

Menurut beliau secara umum SMK Negeri 1 Kaidipang adalah sekolah yang satu-satunya paling berkomitmen untuk berusaha beralih ke penyelenggaraan UN Berbasis Komputer.

Bahkan seluruh warga sekolah sangat antusias menyambut adanya peralihan mekanisme ini, tutur papa pipin (sapaan akrab).

Satu sisi beliau juga sudah sempat memohon restu Baik itu dari dinas pendidikan Propinsi, maupun dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten.

“Sangat disayangkan SMK Negeri 1 Kaidipang untuk tahun ini belum bisa melaksanakan UNBK, namun yang pasti kalau tidak aral melintang, Insya Allah komitmen ini bakal terwujud pada tahun depan”. Kata Pak Udin pada Rabu malam(18/01) saat ditemui.

Sinyal ini menandakan bahwa SMK Negeri 1 Kaidipang adalah satu-satunya sekolah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang paling siap melaksanakan UNBK pada tahun 2018. Kesiapan ini bukannya tidak mendasar. Ini pernyataan papa pipin saat dikonfirmasi sejauh mana kesiapan UNBK tiba di 2018 nanti;

“ Kalau komputer client untuk saat ini kita sudah punya, bahkan sudah memenuhi rasio/standar, baik itu dari segi jumlah maupun spesifikasi. Satu-satunya kendala adalah ketersediaan server.”

“Untuk penyuplai server, kita menunggu realisasi bantuan yang diajukan ke diknas propinsi sebanyak 5 unit server. Tapi hingga saat ini juga belum ada. Setelah melakukan konfirmasi ke pihak terkait di diknas provinsi, mereka bahkan belum bisa menjanjikan apa-apa. Mereka justru menyarankan alternatif lain, agar kami pihak sekolah sebaiknya bersabar dulu dengan melaksanakan UN berbasis kertas (manual)”. Kata pak Udin

Sebelumnya menteri Pendidikan dan Kebudayaan membuat Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2016/2017 yang mewajibkan dan menetapkan setiap sekolah (kecuali SLB) yang sudah memiliki komputer dengan kapasitas lebih dari 20 unit komputer dan satu unit server untuk melaksanakan UNBK.


Baca juga : Surat Edaran Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Ajaran 2016/2017


Dengan adanya edaran ini, tentu kita harus memahami bahwa ketersediaan unit komputer sebanyak apapun itu, kalau tidak ditunjang dengan ketersediaan server maka pelaksanan UNBK mutlak tidak bisa dilaksanakan.

“Mohon doa dari semua pihak, semoga tahun 2018 adalah tahun di mana SMK Negeri 1 Kaidipang sudah beralih ke pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer”. Tutur papa pipin (admin)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *